Senin, 14 April 2014

BAPPEDA PATI GELAR MUSRENBANG

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati akhir-akhir ini menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2014.  Kegiatan Musrenbang 2014 ini secara resmi dibuka oleh Bupati Pati Haryanto di Pendopo Kabupaten Pati, guna membahas  rencana kerja Pemerintah daerah Kabupaten Pati tahun 2015. 
Kepala Bappeda melalui Sekretaris Bappeda Turi Atmoko menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang dapat memadukan program kegiatan dari SKPD dan sesuai aspirasi masyarakat. Musrenbang sendiri dirumuskan
menjadi daftar kegiatan dan program prioritas pada rencana kegiatan pembangunan daerah  (RKPD) di Kabupaten Pati setiap tahunnya, sesuai dokumen perencanaan dan penganggaran. Tetapi juga ada yang 5 tahunan yang disebut Rencana pembangunan jangka menengah (RPJM-D) dan 20 tahunan untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP-D). 
“Kalau memang ingin menggolkan kegiatan, ya harus lewat RKPD dulu, dimusyawarahkan dulu. Enggak ada program dadakan, Kita harus mengacu musyawarah yang ada, dan RKPD itulah yang menjadi pedomannya” tegas Bupati Haryanto, sebelum kegiatan Musrenbang resmi dibuka.
Peserta yang hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pati tersebut hampir 400 orang, melebihi dari undangan yang semestinya 265 undangan. dikarenakan banyaknya delegasi yang ikut serta dalam penyampaian aspirasi. Namun dari pihak Bappeda sudah mengantisipasi akan membludaknya peserta Musrenbang. Kegiatan ini  mengikut sertakan dari seluruh SKPD se-Kabupaten Pati, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan dan anggota DPRD, stakeholders, delegasi kecamatan, LSM, beberapa perwakilan parpol, mahasiswa, dan pelaku usaha.
Hasil Musrenbang sendiri sudah dirapatkan oleh Bappeda dan akan menjadi acuan rancangan akhir RKPD tahun 2015 untuk ditetapkan Bupati menjadi peraturan Bupati tentang RKPD 2015 Mei nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar