Selasa, 12 Agustus 2014

PERSIAPAN PEMKAB PATI MENYAMBUT DATANGNYA BULAN PUASA DAN LEBARAN

Pemerintah Kabupaten Pati melakukan persiapan menjelang datangnya bulan ramadhan dan lebaran beberapa saat lagi. Termasuk persiapan angkutan dalam arus mudik maupun balik nantinya.Hal itu ditegaskan Bupati Pati melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Pati, Tri Hariyama, baru-baru ini. Dia mengatakan, dalam arus mudik dan balik kali ini kabupaten Pati telah menyiapkan setidaknya 714 kendaraan. Kendaraan itu terdiri atas angkutan pedesaan, bus antarkota dalam provinsi (AKDP), antarkota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata. "Sudah kami lakukan pendataan hasilnya sebanyak 714 kendaraan itu," terangnya.
Dari ratusan kendaraan itu untuk Kabupaten Pati masih didominasi angkutan pedesaan sebanyak 560 kendaraan. Sedangkan untuk bus pariwisata ada sekitar 33 kendaraan.
“Dalam pelayanan arus mudik dan balik nanti kami juga menyiapkan bus cadangan, ada sekitar delapan yang kami persiapkan,"imbuhnya. Dengan ratusan kendaraan itu diharapkan akan mampu mengakomodasi masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman maupun kembali ke tempat kerja.
Kendaraan dengan jumlah yang bukup besar itu ditaksir mampu mengangkut sekitar 41.240 penumpang. "Jumlah itu kami perkirakan mampu untuk memenuhi kebutuhan. Pasalnya pada lebaran kali ini, kami perkirakan jumlah penumpang angkutan mencapai sekitar 19.569 orang," ungkapnya saat di wawancarai beberapa wartawan.
Diharapkan dengan siapnya angkutan umum itu dapat memudahkan dan menjadi salah satu pelayanan umum bagi masyarakat Pati, Sehingga kenyamanan dan kemudahan masyarakat Pati dapat terlayani dengan baik.
"Rencananya kami juga menyiapkan bantuan mudik gratis kepada masyarakat Pati yang ada di perantauan. Kemungkinan akan kita tempatkan di Jakarta," tambahnya.
Bukan hanya itu, pelayanan kepada masyarakat juga di tunjukkan dengan disiapkannya jalur alternatif selama arus mudik dan arus balik berlangsung bagi masyrakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menghindari kemacetan lalu lintas selama arus mudik dan balik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pati sudah menyiapkan lima titik jalur alternatif. Jalur tersebut berada di beberapa titik, yang tembus ke jalur pantura timur.
Lima titik yang disiapkan yakni, dari arah barat, Pati-Rendole-Gembong- Kudus. Dari arah utara dan timur meliputi, Pati-Wedarijaksa-Bakaran-Juwana, dan Pati-Gabus-Winong-Jakenan-Batangan.
”Kami juga menyiapkan dua jalur alternatif dari arah selatan meliputi Pati-Kayen-Cengkalsewu-Jekulo-Kudus, dan Pati-Gabus-Winong-Jakenan-Batangan. Semuanya bertujuan untuk membantu mengurai kemacetan jalur pantura Pati-Kudus, Pati-Juwana, dan Pati-Batangan,” imbuh Kepala Dishubkominfo Pati Tri Hariyama. Ia menyatakan, jalur alternatif itu disiapkan berdasarkan hasil koordinasi dengan Satlantas Polres Pati dan instansi lainnya. Pihaknya menyakini, dengan disiapkannya jalur alternatif itu, akan mampu mengurangi kemacetan pada puncak arus mudik mendatang.
Lebih lanjut Tri Hariyama menuturkan, pihaknya sudah melengkapi jalur alternatif dengan fasilitas perlengkapan jalan dan rambu-rambu. Semuanya dalam kondisi baik dan mencukupi. Rambu-rambu tersebut dipasang, untuk membantu dan memudahkan para pemudik, sehingga tidak tersesat. Pihaknya juga sudah memasang rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ), di beberapa titik strategis sebagai penanda arah bagi para pengendara.
”Agar para pengendara tidak terlalu kebingungan, kami mengimbau untuk tetap fokus saat berkendara melewati jalur alternatif dengan memperhatikan RPPJ yang sudah dipasang. RPPJ telah dipasanag di Gembong, Sukolilo, Wedarijaksa, Ngebruk, Juwana, dan Batangan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar